Komunitas Bandung Internet Of Things (IOTFORBANDUNG.ORG)

Karena satu dan lain hal, tidak terasa sudah sebulan lebih saya tidak menulis blog ini, akhirnya saya mendapatkan kesempatan kembali untuk menulis. Kali ini, saya akan bercerita sedikit banyak tentang acara Meetup Komunitas Internet Of Things di Bandung. Setelah bertemu dengan beberapa penggiat IOT asal Bandung di acara IOT Hackathon 2015 di Crazy Hackerspace Jakarta  pada bulan Maret lalu, akhirnya kami sepakat untuk bertemu rutin seminggu sekali di workshop Pak Bambang Sudihartoto di Jalan Sekelimus Bandung. Sampai artikel ini ditulis (Tanggal 1 July 2015), kami sudah 11 kali mengadakan mini meetup di kediaman beliau, dan satu kali Meetup yang cukup besar yakni Meetup ke-12 yang diadakan pada tanggal 13 Juni 2015 di Cafe KrangKring Bandung, seiring dengan bertambahnya para penggiat IOT yang tertarik untuk berpartisipasi. Topik Internet Of Things merupakan topik yang mulai populer dan hangat dibicarakan di berbagai social media di Indonesia, sehingga cukup banyak orang dari berbagai macam latar belakang tertarik untuk mengerti dan mempelajari IOT ini. Sebagai contoh, di dalam komunitas ini terdapat ahli praktisi mikrokontroler, software developer, hardware developer, mahasiswa, dosen, profesional, dari yang benar-benar newbies sampai yang benar-benar menguasai hardware IOT, dan tidak ketinggalan pula para Founder dari IOT Startups di Indonesia (Geeknesia, Efishery/Cybreed dan Cubeacon). Komunitas ini benar-benar merupakan melting pot dari orang-orang berbagai background tersebut. Dikarenakan memang teknologi IOT, tidak hanya eksklusif untuk orang-orang di bidang IT, tetapi juga dapat diterapkan di berbagai macam bidang, maka para peserta yang hadir pun terdiri dari berbagai bidang di luar IT, seperti industri manufacturing, pertanian, developer perumahan, akunting dan sebagainya.

Menurut dari segi pandang saya pribadi, meetup-meetup sebelumnya merupakan suatu awal yang sangat baik, dan yang saya harapkan dari Komunitas ini dapat menjadi sebuah sarana untuk :

1. Networking event untuk pertemuan dengan orang-orang yang tertarik dengan bidang IOT.

2. Berbagi ilmu teknis di bidang IOT dan non IOT.

3. Belajar melihat sesuatu yang baru dari perspektif kacamata orang lain.

4. Diskusi mengenai hal-hal yang berguna untuk bidang Riset, Teknologi, dan Penerapannya.

5. Kolaborasi bersama yang dapat menghasilkan suatu produk yang berguna untuk kota, desa ataupun negara.

6. Menginspirasi para teknopreneur baru untuk menghasilkan produk-produk dalam negeri berbasis IOT.

 

Meetup #1 (Left) and Meetup #12 (Right)

Meetup #1                                                                                 Meetup #12

MasterMeetup2

  Meetup di Workshop  Pak Bambang Sudihartoto

 

Untuk teman-teman yang membaca blog ini dan  tertarik untuk mengikuti Meetup di Bandung, jangan lewatkan meetup berikutnya, Meetup #13 pada hari Jumat tanggal 3 July 2015. Info invitation dan cara RSVP ada di gambar di bawah ini. Kalaupun anda telat membaca blog ini, dan melewati event ini, jangan khawatir, anda dapat menjadi member di meetup komunitas kami di web Meetup Komunitas Internet Of Things di Bandung

Nah, saya juga sering mendapatkan pesan dari teman-teman luar Bandung yang ingin ikutan tapi berdomisili di luar Bandung, silahkan hubungi saya, maka saya akan menghubungkan dengan sesama penggiat IOT di kota anda, dan siapa tahu acara seperti ini dapat terwujudkan di tempat domisili anda.

 

Invitation Meetup #13

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *