Cerita Menarik di 1st IOT Hackathon Indonesia

Pada akhir pekan tanggal 7 – 8 Maret 2015, saya bersama tim IOT.CO.ID mengikuti suatu acara yang sangat menarik, yakni acara IOT Hackathon pertama di Indonesia. Pertama kali membaca tentang akan diadakannya acara ini, kami sangat bersemangat sekaligus penasaran karena :   pertama belum pernah ada pengalaman mengikuti Hackathon, kedua karena memang startup kami berkecimpung di bidang Internet of Things (IOT). FYI, untuk yang belum mengetahui tentang Hackathon :” Hackathon merupakan sebuah kompetisi di mana para peserta menghabiskan waktu semalam suntuk untuk melakukan pengembangan aplikasi software atau / dan hardware “. Pada event ini, panitia memberikan kebebasan para peserta untuk memilih proyek IOT yang diinginkan.

Body-Hardware-Hackathon

 

Akhirnya setelah beberapa kali melakukan proses brainstorming, kami memutuskan untuk ikut event ini dengan melakukan pendaftaran proyek ” SURELOCK HOME “ yakni sebuah alat yang namanya terinspirasi dari nama Detektif Sherlock Holmes. Alat ini berupa sebuah gembok pintar yang dapat memberikan status update yang dapat termonitor oleh pemilik rumah/asset  secara remote dari jarak jauh. Pengguna bisa mengetahui apakah gembok tersebut sedang terbuka atau tertutup. Jika pada suatu saat gembok tersebut dibuka paksa oleh pencuri, pengguna pun bisa mendapat notifikasi langsung pada ponselnya.

Berikut ini tautan video mengenai proyek kami :

 

Pada kompetisi ini kami menggunakan salah satu produk dari IOT.CO.ID yakni Geeknesia IoT Platform Indonesia untuk menyambungkan Gembok pintar ini ke Cloud melalui jaringan internet.

Geeknesia merupakan IOT Platform Indonesia pertama yang terbuka untuk para hobbyist dan teknopreneur untuk melakukan proses prototyping dan juga melakukan share devices berkolaborasi membuat solusi IOT untuk perkotaan (Smart City M2M).

Sarana yang disediakan berupa device API untuk melakukan komunikasi ke Cloud dan API untuk mengambil data dari Cloud ke Aplikasi Sistem Informasi / Mobile Apps.

Surelock Home2

 

Pada kompetisi IOT Hackathon ini terdapat 26 proyek yang sangat menarik, untuk info lebih lengkapnya dapat dilihat di link Hackpad ini. Sangat disayangkan, dikarenakan ada miskomunikasi antara tim kami dan salah satu tim panitia, tim kami akhirnya mengalami diskualifikasi karena tidak memenuhi salah satu persyaratan kompetisi. Walaupun begitu, kami cukup senang karena dapat bertemu dengan banyak teman baru sesama penggemar / penggiat Internet Of Things dan juga teman-teman baru yang memiliki semangat tinggi untuk mendukung konsep inovasi kolaborasi. Saya percaya bahwa pasca acara IOT Hackathon ini, akan terlahir ide-ide baru untuk melakukan kolaborasi bersama sebagai penunjang ekosistem inovasi di Indonesia.

Untuk info lanjutan mengenai apakah Geeknesia itu ? Rekan-rekan dapat segera mencoba masuk ke website Geeknesia IoT Platform Indonesia , apabila tertarik untuk mencoba menghubungkan device anda ke cloud Geeknesia, segera registrasi di halaman developer untuk mendapatkan akses login ke Geeknesia. Selamat mencoba !! 

Martin Kurnadi on twitterMartin Kurnadi on linkedin
Martin Kurnadi
Co-founder at IOT.CO.ID
Martin Kurnadi adalah salah satu founder dari IOT.CO.ID, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan produk dan jasa dari Internet of Things di Indonesia. Martin memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Otomatisasi Industri, Pengembangan Produk, dan Manajemen. Kontak saya di : martin.kurnadi@iot.co.id

One response to “Cerita Menarik di 1st IOT Hackathon Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *