Apa Itu Crowdfunding?

Tahukah anda mengapa perkembangan teknologi di negara maju lebih pesat dibandingkan negara berkembang ? Salah satu pengaruh terbesar adalah dukungan dana, baik dari pemerintah ataupun swasta. Di Indonesia dukungan ini masih minim, sehingga banyak inovator lokal tidak memiliki kesempatan mewujudkan Inovasinya. Salah satu solusi untuk menyelesaikan hal ini adalah dengan konsep ‪‎Crowdfunding‬ untuk Produk Kreatif Indonesia.

Crowdfunding adalah proses mengumpulkan dana untuk memulai suatu project atau bisnis, yang sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang (Crowd), pengumpulannya memiliki batas waktu tertentu, misalnya 30 – 60 hari, dan prosesnya dilakukan melalui online platform.

Word Cloud "Crowd Funding"

Pada Crowdfunding, Creator (orang yang menggalang dana) dapat membuat sebuah campaign untuk menerima donasi. Campaign berisi informasi detail tentang project apa yang akan dibuat, atau bisnis apa yang akan dilakukan. Pada Campaign juga akan dijelaskan berapa dana yang dibutuhkan dan jangka waktu deadline Crowdfunding. Orang – orang yang tertarik dengan Campaign tersebut dapat mendonasikan sejumlah dana melalui Platform yang digunakan, dan menerima Reward sesuai dengan jumlah yang disumbangkan melalui Online Platform tersebut.

Cara kerja crowdfunding mirip dengan konsep Pre-Order. Pada awalnya Creator memberikan pilihan paket apa yang akan didapatkan oleh supporter jika menyumbang dana dengan jumlah tertentu. Supporter kemudian memilih salah satu paket tersebut dan melakukan transfer dana sejumlah paket yang dipilih. Setelah dana terkumpul maka Creator akan memulai proses produksi dan mengirimkan barang pesanan Supporter.

 

Geeknesia adalah Crowdfunding Platform pertama di Indonesia yang mendukung berbagai Project Creative dan memiliki fitur tambahan Internet of Things Cloud Services untuk berbagai kebutuhan IOT anda.

 

Kenapa Harus Pilih Crowdfunding Geeknesia?

 

Crowdfunding adalah salah satu cara pendanaan yang termudah prosesnya. Jika anda memiliki ide yang mungkin dapat menarik perhatian orang banyak maka melalui Crowdfunding kebutuhan dana anda dapat terpenuhi dalam waktu 1 samapai 2 bulan. Misalnya salah satu Campaign di Geeknesia yaitu Bluino One yang berhasil mendapatkan Rp. 16.686.000 dalam waktu 40 hari.

Terkadang sebelum mengerjakan suatu project kita perlu menguji bagaimanakah respons orang lain terhadap project kita. di anda dapat melakukan pengujian ini dengan cara membagikan ide anda kepada orang – orang yang anda kenal, ataupun masyarakat luas melalui sosial media misalnya. Geeknesia memfasilitasi hal ini dengan fitur Project Showcase yang terintegrasi dengan sosial media.

 

Terkadang suatu project tidak sama satu dengan yang lainnya, ada yang dapat tetap berjalan dengan jumlah dana yang fleksibel sesuai jumlah pesanan, ada juga yang membutuhkan sejumlah dana minimum untuk mewujdkannya. Maka solusi Geeknesia untuk anda adalah menyedikan 2 jenis Funding, Yaitu Flexible Goal dimana dana tetap diserahkan ke Creator walaupun target tidak tercapai dan Fixed Goal dimana dana hanya diserahkan ke Creator jika Target Tercapai.

Terlepas dari Funding apapun yang dipilih, Creator wajib mengirimkan Reward yang dijanjikan setelah dana dikirimkan.

 

Untuk anda yang membutuhkan layanan konsultasi, Geeknesia akan membantu anda dalam Sosialisasi, Marketing, design campaign, dan konsultasi lengkap tentang Crowdfunding untuk project anda.

 

Untuk anda yang akan berinovasi dengan project – project Internet of Things (IOT), Geeknesia menyediakan IOT Platform yang powerfull dan mudah digunakan dalam pengembangan project anda.

 

Untuk keterangan lebih lanjut tentang Crowdfunding dan IOT silahkan klik link berikut http://www.geeknesia.com/how

One response to “Apa Itu Crowdfunding?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *